Kurikulum Merdeka Sebagai Alternative Perbaikan Kualitas Pendidikan RADAR SEMARANG


RADARSMARANG.ID, Pasca pandemi, pendidikan di Indonesia sedang mengalami masa-masa sulit. Guru dan siswa tiba-tiba membutuhkan pembelajaran online. Memang harus kita pahami bersama bahwa tidak semua lapisan masyarakat mengenal perangkat dan internet. Bagaimana mungkin pendidikan dapat berjalan lancar dan optimal dengan perubahan aturan yang mendadak dan memaksa siswa untuk belajar sendiri?

Tidak ada yang bisa disalahkan karena ini adalah panggilan pandemi yang mempengaruhi situasi. Suka atau tidak suka, kita harus mengikuti perkembangan dan situasi saat itu. Baik guru dan siswa diharapkan untuk terlibat dalam pembelajaran online. Tentu banyak kendalanya. Akibatnya, tujuan pendidikan tidak sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu, pemerintah mengusulkan solusi untuk memperbaiki proses pendidikan di masa lalu.

Salah satunya adalah memastikan terbentuknya Kurikulum Mandiri (ICP).

Program mandiri tersebut dipandang sebagai kelanjutan dari pembelajaran mandiri dan pengajaran mandiri yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini akan memberikan kebebasan lebih kepada guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

IKM menekankan bagaimana mahasiswa berpikir kritis dan menekankan agar mahasiswa memahami ilmu komputer yang merupakan soft skill yang harus dimiliki pada masa Revolusi Industri 5.0. Misalnya, pemikiran komputasi, analisis data, sistem jaringan dan pengkodean.
Beberapa hal yang membedakan IKM dengan program 2013 antara lain: 1. Hasil program dicapai secara bertahap. 2. Kolaborasi lintas mata pelajaran yang terintegrasi sehingga guru dapat memperkenalkan mata pelajaran yang berbeda yang memiliki benang merah yang sama dalam pelajaran yang sama. 3. Pembelajaran berlangsung melalui 2 kegiatan kelas 70-80%, proyek pembelajaran untuk siswa Pancasila 20-30%. 4. Belajar tentang manajemen waktu melalui sistem reguler, sistem kooperatif, dan sistem blok.

Dengan sistem pembelajaran baru yang beragam, kreatif, berpikir kritis, berbasis proyek dan menawarkan kebebasan. Kedepannya, mahasiswa akan siap menghadapi persaingan dan tantangan dunia kerja serta mampu bersaing dengan negara lain.

Program studi mandiri adalah program dengan berbagai pembelajaran intrakurikuler, yang isinya akan dioptimalkan sehingga siswa memiliki cukup waktu untuk mempelajari konsep dan mengembangkan keterampilan. Guru memiliki kebebasan untuk memilih antara alat pengajaran yang berbeda. Dengan cara ini, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat belajar siswa.

Mulai 2022/2023, lembaga pendidikan dapat memilih program sesuai dengan persiapan masing-masing. Dari TK B, tahun I, tahun IV, VII dan X. Untuk mengukur ketersediaan satuan pengajaran, pemerintah menyiapkan kuesioner untuk membantu satuan pengajaran menentukan derajat kesediaannya menggunakan program studi mandiri, untuk dievaluasi.

Sebelum Anda memutuskan untuk melaksanakan program Merdeka, yuk simak dulu manfaat dari program Merdeka. 1. Lebih sederhana dan lebih dalam. Program studi mandiri berfokus pada materi inti dan pengembangan keterampilan siswa secara bertahap. Proses pembelajaran diharapkan lebih dalam, lebih bermakna, damai dan mengasyikkan.

2. Lebih mandiri. Untuk siswa, terutama di tingkat menengah, tidak ada program gelar sekolah menengah. Bagi siswa untuk memilih mata pelajaran berdasarkan minat, bakat, dan cita-citanya. Guru diharapkan mengajar sesuai dengan tingkat prestasi dan perkembangan siswa. Sekolah berhak mengembangkan dan mengelola program sesuai dengan karakteristik lembaga dan peserta didik. Lebih relevan dan interaktif.

Pembelajaran berbasis proyek memberi siswa lebih banyak kesempatan untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu terkini seperti lingkungan, kesehatan, dan isu-isu lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan keterampilan dalam profil siswa Pancasila.

Setelah mengetahui manfaat program studi mandiri, Departemen Pendidikan dapat memutuskan program mana yang akan digunakan. Jika Departemen Pendidikan memutuskan untuk mencoba program yang berdiri sendiri, sekolah dapat mengisi formulir pendaftaran dan menyelesaikan survei singkat. (ths/pi)

Guru di SDN Noborejo 01 Salatiga

KONSEP PENELITIAN DAN TINDAKAN KELAS IDE


Publicar un comentario (0)
Artículo Anterior Artículo Siguiente